6 Masa Mengagumkan dalam Sejarah Musik

Sejarah musik pasti menyimpan banyak hal yang kaya. Musik meliputi budaya, seni, emosi, dan ideologi. Ketika manusia berkembang dan berevolusi, begitu pun corak dan jenis musik dan muncul berbagai rasa yang menggambarkan zaman dimana musik diciptakan serta musisi yang menciptakannya. Sekilas tentang beberapa periode paling menarik dalam sejarah musik, dan bagaimana mereka memengaruhi musik saat ini.

Abad Pertengahan (sekitar 400-1400)

Musik pada saat ini sangat dipengaruhi oleh kekuatan yang berkembang yang mulai dimiliki Gereja, dan notasi diperkenalkan kembali ke dalam perbendaharaan musik, perbedaan utama dari lagu-lagu sebelumnya.

Baca Juga: 8 Manfaat Kopi untuk Kecantikan Anda

Sayangnya, banyak musik saat ini dihancurkan. Kami memiliki beberapa karya liturgi abad pertengahan dari Gereja Katolik Roma. Nyanyian Gregorian adalah salah satu karya paling terkenal dari era ini. Kebangunan rohani (sekitar 1400-1600)

Renaissance (sekitar 1400-1600)

Era musik Renaissance memperkenalkan melodi yang lebih jernih dan lebih berpusat pada suara. Lagu-lagu ini bergabung dengan polifoni seimbang, dan menciptakan lagu-lagu yang orang bisa nyanyikan dengan mudah.

Baca Juga: Siapakah Pencipta Musik, Manusia Purba atau Hewan

Kord menjadi lebih fleksibel, membuat potongan mudah beradaptasi sesuai dengan gaya artis. Akhirnya, munculnya mesin cetak memberikan kontribusi paling signifikan, memberi seniman dan orang-orang yang baru mulai belajar sumber daya musik baru untuk mengembangkan bakat dan hasrat mereka.

Fakta Seru: John Taylor, seorang ahli bedah mata, merusak visi dua komposer raksasa, Bach dan Handel. Terlepas dari kesalahan mata ini, keduanya masih visioner musik!

Barok (sekitar 1600-1700)

Periode Barok mengantar gelombang keceriaan musik instrumental, dan musik sekuler menjadi lebih lazim daripada sebelumnya. Counterpoint (penggunaan independen, melodi polifonik) adalah pengaruh kuat pada musik era ini, memberikan potongan rasa yang lebih kaya.

Baca Juga: Pengenalan Karakteristik Musik Purbakala

Komposer juga memperkenalkan improvisasi ke dalam desain mereka, dan bass dan keyboard memungkinkan perluasan kemungkinan untuk menjangkau semua tombol.

Fakta Seru: Mozart menciptakan beberapa karyanya yang paling luar biasa dengan cepat dan mabuk!

Klasik (sekitar 1700-1810-an)

Harmony benar-benar mendefinisikan era Klasik (alias Era Seni Barat). Komposer menyatukan komponen dalam harmoni, menciptakan akord yang berbeda dengan melodi dan iringan.

Baca Juga: Pengenalan Karakteristik Musik Purbakala

Beberapa karya yang tak terlupakan muncul selama era ini yang tidak dapat dibandingkan dengan apa pun yang datang sebelumnya, seperti Beethoven’s Fifth Symphony, misalnya. Mozart terutama adalah salah satu komposer paling berpengaruh saat itu, bersama dengan Beethoven dan Richter.

Fakta Seru: Beethoven akan menghitung kacang sebelum minum secangkir kopi setiap hari.

Romantis (sekitar 1810an-1900)

Seperti yang dapat Anda bayangkan, periode Romantis membawa peningkatan emosi dan makna ke dalam bentuk seni musik. Dari Schumann ke Chopin ke Wagner, komposisi menjadi semakin kompleks, seperti yang dilambangkan oleh beberapa karya dramatis seperti Siegfried oleh Wagner.

Baca Juga: 7 Cara Kopi Dapat Membuat Anda Lebih Cantik

Abad ke-20 (sekitar 1900-2000)

Setelah radio ditemukan, musik yang kita kenal berubah selamanya. Teknologi lain seperti alat perekam dan reproduksi, belum lagi televisi dan video musik juga memengaruhi era ini, membawa musik ke massa.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Kopi Pada Rambut? 

Dengan kemajuan revolusioner ini menembus budaya, citarasa musik, tempo, dan bentuk juga secara dramatis berubah dan berevolusi. Ini terbukti dengan fakta bahwa setiap dekade abad ke-20 mengantarkan suara baru dan rasa lapar baru untuk sesuatu yang berbeda.