Manfaat Menggunakan Kopi Pada Rambut?

Manfaat kopi pada rambut ternyata ada lho! Kopi memiliki daftar panjang manfaat yang diklaim bagus bagi tubuh, seperti kemampuan untuk membuat rambut lebih sehat. Sementara beberapa orang tidak memiliki masalah menuangkan minuman dingin ke rambut mereka dan mendapatkan hasil yang sangat baik, Anda mungkin bertanya-tanya: Apakah baik menggunakan kopi di rambut saya?

Baca Juga: Siapakah Pencipta Musik, Manusia Purba atau Hewan

Berikut ini adalah kemungkinan manfaat menggunakan kopi di rambut, efek samping potensial, dan cara mengaplikasikannya.

Apa hasil dari penelitian?

Tidak banyak penelitian yang mendukung penggunaan kopi pada rambut. Tetapi menurut penelitian yang tersedia, kafein dalam kopi dapat meningkatkan penampilan dan tekstur rambut dalam beberapa cara.

1. Mengembalikan pertumbuhan rambut

Kerontokan rambut dapat terjadi seiring bertambahnya usia yang mempengaruhi pria dan wanita. Menggunakan kopi secara topikal pada rambut dan kulit kepala dapat membantu menghentikan kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut kembali.

Baca Juga: Pengenalan Karakteristik Musik Purbakala

Dalam kasus kebotakan pria, kerontokan rambut biasanya terjadi ketika hormon seks dihydrotestosterone (DHT) merusak folikel rambut. Wanita dengan terlalu banyak DHT juga bisa mengalami kerontokan rambut. Kerusakan folikel rambut terjadi secara bertahap yang akhirnya menyebabkan kebotakan.

Namun menurut penelitian, kafein dalam kopi dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan rambut. Satu studi laboratorium pada tahun 2007 menemukan bahwa kafein membantu menghalangi efek DHT pada folikel rambut pria.

Baca Juga: Pengenalan Karakteristik Musik Purbakala

Ini merangsang perpanjangan batang rambut, menghasilkan akar rambut yang lebih panjang dan lebih kuat. Kafein juga memperpanjang durasi anagen, yang merupakan tahap pertumbuhan rambut. Studi ini juga menguji efek kafein pada folikel rambut wanita dan menemukan bahwa itu memiliki efek membantu pertumbuhan pada folikel rambut pada wanita.

Karena kafein adalah stimulan aktif, kafein juga meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Ini juga dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat dan menjadi lebih kuat, memberikan penampilan rambut yang lebih penuh dan tebal

2. Membantu rambut lebih lembut dan berkilau

Jika rambut Anda terlihat kusam, rapuh, dan kering, menambahkan pelembab dapat mengembalikan penampilannya. Namun, membilas rambut Anda dengan kopi juga dapat menghilangkan kusam karena mengandung flavonoid, yang merupakan antioksidan yang mendorong regenerasi sel rambut.

Baca Juga: 6 Masa Mengagumkan Dalam Sejarah Musik

Batang rambut menjadi lebih halus dan meredakan kerutan, menghasilkan rambut yang lebih lembut dan tidak mudah kusut. Karena kafein memiliki efek diuretik pada tubuh, Anda mungkin berpikir itu akan memiliki efek pengeringan ketika diterapkan pada rambut.

Namun, kafein tidak menghilangkan minyak dari rambut. Sebaliknya, ini dapat membantu mempertahankan kelembaban dan menciptakan kilau alami rambut. Sirkulasi darah yang meningkat membantu memindahkan nutrisi ke akar rambut, menghasilkan rambut yang lebih sehat dan berkilau.

3. Secara alami menghilangkan rambut abu-abu

Bilasan kopi juga berguna jika Anda ingin mewarnai rambut abu-abu atau menggelapkan warna rambut Anda secara alami. Kopi berwarna gelap, sehingga berfungsi sebagai noda pada rambut.

Baca Juga: 7 Cara kopi Dapat Membuat kamu Lebih Cantik

Ini adalah salah satu cara perbaikan cepat untuk menyembunyikan helai abu-abu jika Anda memiliki rambut coklat atau hitam. Untuk hasil yang terbaik, gunakan kopi kental seperti espresso.

Cara membuat bilasan kopi

Jika ingin menghentikan kerontokan rambut, mewarnai rambut Anda, atau meningkatkan tekstur rambut Anda dapat membuat bilasan kopi secara sederhana. Apa yang Anda butuhkan:

2–4 cangkir kopi diseduh, benar-benar dingin

botol semprot atau aplikator

topi mandi plastik

Anda membutuhkan 2 hingga 4 cangkir kopi yang diseduh, tergantung pada panjang rambut. Biarkan kopi mendingin sepenuhnya, lalu tuangkan kopi ke dalam botol semprot atau botol aplikator. Cuci rambut Anda seperti biasa. Saat rambut Anda masih basah, semprotkan atau oleskan kopi yang sudah diseduh ke rambut Anda, pastikan untuk membasahi seluruh rambut.

Baca Juga: 8 Manfaat Kopi untuk Kecantikan Anda

Setelah menerapkan, pijat ampas kopi ke rambut dan kulit kepala Anda selama beberapa menit. Kenakan shower cap dan biarkan kopi menempel di rambut dan kulit kepala Anda selama sekitar 20 menit. Untuk kelembaban ekstra, campurkan conditioner dengan kopi yang diseduh sebelum dioleskan ke rambut Anda.

Setelah 20 menit, bilas kopi dari rambut Anda dengan air dingin atau hangat dan kemudian keringkan. Jika menggunakan bilasan kopi untuk mewarnai rambut Anda, Anda mungkin perlu mengulang bilasan hingga mencapai warna yang diinginkan.

Peringatan saat menggunakan pembilas kopi

Selalu tunggu sampai kopi benar-benar dingin sebelum dipindahkan ke botol semprot dan rambut. Untuk menghindari kulit kepala terbakar, jangan pernah mengoleskan kopi panas ke rambut Anda. Perlu diingat bahwa jika Anda memiliki rambut berwarna terang, kopi dapat menodai atau mewarnai rambut Anda. Untuk menikmati manfaat bilas kopi dengan rambut berwarna terang, gunakan sampo dan kondisioner yang mengandung kafein.